Pages

Tuesday, October 19, 2010

Tragedi Penambang Chile

Penyelamatan untuk para korban penambangan di chile merupakan kisah yang sangat banyak di bicarakan orang saat ini. Berikut kronologis kejadian penambang Chile yang berhasil diselamatkan setelah berjuang lebih dari 2 bulan karena runtuhnya terowongan tambang emas dan tembaga yang ada di utara gurun Atacama, Chile, pada Kamis dini hari.

Selama sekitar 22 jam setelah penambang Chile pertama yang terperangkap diselamatkan ke permukaan, penambang terakhir telah ditarik selamat pada operasi penyelamatan yang rumit serta menarik perhatian dunia dan mengakhiri penderitaan mereka selama 2 bulan.

suasana haru seluruh Chile atas selamatnya 33 orang penambang
sumber : google.com

Para penambang telah terperangkap selama lebih dari 2 bulan pada kedalaman 625 meter di bawah tanah karena runtuhnya lorong pertambangan.

Penambang terakhir yang diangkat adalah Luis Urzua yang berumur 54 tahun sebagai pengawas jadwal yang menjadi pemimpin para penambang selama terperangkap. Dia berperan mengatur waktu para penambang, mengukur makanan dan memerintah mereka selama 17 hari tanpa komunikasi dari permukaan.

Para penambang itu ditarik ke permukaan menggunakan kapsul yang dirakit khusus yang berdiameter lebih besar dari bahu orang dewasa, dan telah mengangkat penambang yang menjadi pahlawan nasional di negara Amerika Selatan itu satu per satu.

Sejumlah bel dan klakson dibunyikan di seantero Chile untuk menyambut perayaan itu, sementara keriuhan di luar tambang meneriakkan "Hidup Chile!" mengundang tawa dan tangis serta bendera nasional Chile, Merah Putih dan Biru juga ikut mewarnainya.

Para penambang menjadi selebriti baru. Seorang pengusaha mantan penyanyi lokal telah memberikan 10.000 dolar perorang kepada mereka.Pemilik perusahaan Apple, Steve Jobs, telah memberikan mereka iPod jenis terbaru. Selain itu, sebuah perusahaan dari Yunani telah menawarkan mereka wisata pulau serta Real Madrid dan Manchester United telah mengundang mereka untuk menonton pertandingannya di Eropa.

Presiden Amerika Serikat Barack Obama memberi pujian kepada operasi tersebut dan mengatakan "Penyelamatan itu bukan hanya penghargaan bagi para penyelamat dan pemerintah Chile, namun juga bagi seluruh persatuan dan pemecahan masalah masyarakat Chile yang telah menginspirasi dunia".

Agatha Ayuningtias
915080209

No comments:

Post a Comment