Pages

Tuesday, November 9, 2010

Ramah Dan Tak Menonjolkan Kesan Elitis, Obama Kunjungi Indonesia

Dalam rangka tur Asia selama 10 hari, Presiden Amerika Serikat, tak luput mengunjungi Indonesia. Iring-iringan Obama keluar dari Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, sekitar pukul 16.45 WIB, Selasa (9/11/2010). Jumlah iring-iringan rombongan tersebut tidak kurang dari 40 mobil.


Sekitar 5 menit sebelum rombongan Obama lewat, jalur dari Halim menuju Cawang dan sebaliknya ditutup. Rombongan Obama pertama dibuka dengan 4 motor voorijder untuk pembuka jalan. Disambut dengan 8 motor voorijder 30 detik kemudian yang keluar dari Halim. Menyususul mobil Jeep Paspampres warna putih, sebuah mobil Jeep warna hitam, mobil sedan, satu mobil jeep, mobil Limosin Obama 800-002, Jeep dan satu lagi mobil Limosin 800-001.  Puluhan mobil pendukung, pengawal, mobil Secret Service, ambulans, dan penjinak bom ikut mengawal dari belakang.


Presiden beserta Ibu Negara Amerika Serikat kemudian bertolak ke Istana Negara. Disambut hangat oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Ani Yudhoyono, Obama pun tak nampak menampakkan sisi elitis. Malahan senyum khasnya mengembang kepada semua orang.

Sebelum jamuan santap malam di Istana dimulai, Obama bersama rombongan menyempatkan diri beristirahat sejenak di Hotel Shangri-La. Obama pun kembali menunjukkan sikap ramahnya saat jamuan makan malam akan dimulai di Istana Negara. Tanpa segan dia bangkit dari kursinya yang berada di samping Ibu Ani Yudhoyono, dan menghampiri mantan Presiden Megawati yang duduk di samping istrinya Michelle. Ia pun terlihat menghabiskan beberapa waktu untuk berbincang dengan istri Taufik Kiemas ini. Dalam jamuan santap malam di Istana Negara, menua yang disajikan adalah beberapa makanan khas Indonesia yang cukup terkenal. Sebut saja bakso, kerupuk, nasi goreng dan ayam goreng kremes, iukut menghiasi menu sajian santap malam ini. Pujian langsung keluar dari mulut Obama, yang memuji kelezatan menu santapan malam tersebut.
Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama berkomitmen menaikkan nilai ekspor AS dan Indonesia hingga dua kali lipat. Hal ini dilakukan dalam rangka memajukan ekonomi kedua negara. Dari segi kemanusiaan, Obama juga berniat untuk memberikan bantuan kepada korban letusan Gunung Merapi di Yogyakarta dan Jawa Tengah, serta korban tsunami di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Obama neyatakan bahwa akhir-akhir ini merupakan masa yang sulit bagi Indonesia. Ia pun memberikan credit khusus bagi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang berjuang keras menghadapi situasi negara seperti saat ini. Obama beserta istri yang akan berada selama dua hari satu malam di Indonesia dijadwalkan akan melakukan kunjungan ke sejumlah tempat dan melakukan dialog dengan sejumlah tokoh agama. Besok dia dijadwalkan akan ke Universitas Indonesia, Taman Makam Pahlawan Kalibata, dan Masjid Istiqlal.
Harapan tercipta kerja sama bilateral yang baik antara kedua negara didambakan banyak kalangan di Indonesia. Hal ini diharapkan dapat membantu Indonesia utnuk semakin berkembang menjadi negara yang lebih maju. "Yah, saya harap sih kunjungan Presiden Obama kemari ada dampak positifnya. Hubungan kerjasama AS dan Indonesia semoga makin lancar. Saya sendiri berharap Indonesia dapat hal baik dari kunjungan ini sampai ke depannya," tutur Pius (21), seorang mahasiswa jurusan Sistem Informatika IBII, Sunter, Jakarta Utara.
Sumber : okezone.com
Nama : Yosua Eka Putra (915080109)

No comments:

Post a Comment