Pages

Sunday, December 12, 2010

TUGAS UAS CYBER JOURNALISM


PERKEMBANGAN CYBER JOURNALISM DI INDONESIA

            Cyberjournalism (kewartawanan maya) adalah istilah untuk menjelaskan sistem kerja dalam dunia kewartawanan yang kalangan wartawannya memanfaatkan teknologi informasi berbasis Internet.
            Media Online di Indonesia kebanyakan lahir pada saat jatuh-nya pemerintahan Suharto di tahun 1998, dimana alternatif media dan breaking news menjadi komoditi yang di cari banyak pembaca. Dari situlah kemudian tercetus keinginan membentuk detikcom yang update-nya tidak lagi menggunakan karakteristik media cetak yang harian, mingguan, bulanan. Yang dijual detikcom adalah breaking news. Dengan bertumpu pada tampilan apa adanya detikcom melesat sebagai situs informasi digital paling populer di kalangan pengguna internet Indonesia.
            Detikcom barangkali merupakan media online Indonesia yang pertama yang di garap secara serius. Tidak heran karena pendirinya kebanyakan dari media, Budiono Darsono (eks wartawan DeTik), Yayan Sopyan (eks wartawan DeTik), Abdul Rahman (mantan wartawan Tempo), dan Didi Nugraha. Server detikcom sebetulnya sudah siap diakses pada 30 Mei 1998, namun mulai online dengan sajian lengkap pada 9 Juli 1998. Jadi tanggal 9 Juli ditetapkan sebagai hari lahir Detikcom.
            Masa awal detikcom lebih banyak terfokus pada berita politik, ekonomi, dan teknologi informasi. Baru setelah situasi politik mulai reda dan ekonomi mulai membaik, detikcom memutuskan untuk juga melampirkan berita hiburan, dan olahraga.
            Hingga kini, media online semakin merebak seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi internet dan kebutuhan masyarakat akan informasi. Terlebih dengan fenomena konvergensi media, dimana satu pemilik media dapat memiliki lebih dari 1 jenis media di bawah naungan perusahaan yang dikelolanya. Sebut saja okezone.com yang berada di bawah pengelolaan PT Media Nusantara Citra Tbk (MNC), sebuah perusahan media terintegrasi yang terbesar di Indonesia. MNC juga memiliki dan mengelola bisnis media TV (RCTI, MNC TV, Global TV), media cetak (Koran Seputar Indonesia, Tabloid Genie, Tabloid Mom & Kiddie, majalah HighEnd, dan Trust), media radio (Trijaya FM, ARH Global,Radio Dangdut TPI , Women Radio), serta sejumlah bisnis media lainnya (mobile VAS, Manajemen artis, rumah produksi film, agen iklan, dll). Selain okezone.com, masih banyak lagi media berita online yang cukup terkenal di Indonesia yang merupakan revolusi dari koran ke media online. Diantaranya kompas.com,
            Sementara itu, cyberjournalism dalam manajemen media massa juga berkembang pesat, dan salah satunya menjadi kaidah Mobile Journalism (Mojo). Mojo banyak dipengaruhi berbagai temuan teknologi informasi, khususnya telepon seluler smartphone yang banyak dimanfaatkan kalangan jurnalis/wartawan/pewarta untuk mempublikasikan beritanya pada kesempatan pertama secara bergerak di lapangan peliputannya.
            Cyberjournalism merambah ke jurnalisme warga (citizen journalism) yang dapat memanfaatkan kaidah Crayon (Create Your Own News) dengan memanfaatkan web blog yang jasanya banyak bertebaran secara gratis di Internet. Saat tsunami melanda Indonesia tahun 2004 lalu, beberapa warga Aceh merekam peristiwa tsunami melalui video kamera amatir dan dijual ke media elektronik atau ada juga yang disebar melalui situs youtube.com. Pada saat jurnalis professional kesulitan menuju Aceh, warga bertindak sebagai jurnalis yang melaporkan kondisi Aceh.

            Kehadiran jurnalisme yang melibatkan warga ini menandakan bahwa aktivitas jurnalistik, mulai dari merencanakan liputan, mengolah, mengedit, memuat hingga menyebarkannya. tidak hanya menjadi milik mereka yang berkecimpung di dunia media, tapi orang biasa pun bisa melakukannya. Di Indonesia, citizen journalism berkembang tahun 2005 diantaranya dengan munculnya situs halamansatu.net, wikimu.com dan panyingkul.com yang hadir dengan motto jurnalisme orang biasa.

ANALISIS WEB DAN ISI BERITA
(http://beritabola.com/liga-inggris/liga-inggris.html)

 
WORKING IN JOURNALISM
            Jurnalisme Online merupakan penyampaian informasi dengan menggunakan media internet (website). Internet memudahkan pekerjaan jurnalistik. Dengan menggunakan internet sebagai alat reportase atau informasi bagian media-media tradisional atau koran. Walaupun penyajiannya dengan internet, pengelola web tidak dapat mengesampingkan interaksi dengan pembaca. Di halaman berita pada situs http://beritabola.com/liga-inggris/liga-inggris.html tidak disertakan kolom komentar atau kolom chat yang diperuntukkan bagi para pembaca yang ingin mengomentari isi berita. Dan berita di web ini tidak terlalu update, seperti halnya di beberapa web berita terkemuka lainnya di Indonesia (kompas.com, okezone.com dsb) yang cukup update dalam penyajian berita. Juga tidak adanya konvergensi antara teks berita, suara dan video, menjadikan web ini terasa ‘mati’ dan kaku.

NEWS REPORT
Internet menjadi salah satu tempat yang paling mudah dalam mencari informasi. Banyak informasi dapat kita gali, seperti misalnya jika kita akan mencari berita mengenai liga Inggris kita dapat mengunjungi http://beritabola.com/liga-inggris/liga-inggris.html . Situs berita biasanya dilengkapi dengan mesin pencari untuk memudahkan mencari berita yang ada di web tersebut. Situs http://beritabola.com  merupakan situs berita yang juga menyediakan search engine . Mengevaluasi sebuah situs web kita lakukan untuk mengetahui dari mana berita itu didapat dan siapa saja yang berada di belakang (bertanggung jawab ) situs berita dengan mencari informasi pada option “ about us’ , “contact us “ di situs tersebut. Sebuah situs web juga dapat menjadi musuh bagi kita para pengunjung, karena terdapat kemungkinan para hacker atau pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab melakukan hack pada situs ini dan bisa jadi merubah informasi berita yang ada di dalamnya.



PENULISAN ONLINE
Sama halnya dengan menulis untuk berita di media konvensional, menulis berita pada media online tetaplah merujuk pada standar baku penulisan berita. Seperti 5W+1H, kaidah S.P.O dan teknik penulisan dengan prinsip piramida terbalik. Tak jarang kita temui kesalahn-kesalahan pada berita di media online. Seperti kesalahan tanda baca, ejaan dan yang lebih parahnya kesalahan isi informasi. Beruntung media online dapat dengan mudah mengedit berita yang salah, lain halnya dengan berita di media konvensional seperti koran. Kesalahan penulisan bahkan isi berita tak ada yang boleh salah, karena dapat berakibat fatal.
Menyusun laporan untuk media online yang mempunyai konsep terlalu terburu-buru mempublikasikan berita sebenarnya rentan dengan tingkat kesalahan. Mulai dari salah mengeja, tanda baca, bahkan salah menulis nama narasumber. Bukan hanya itu saja, kesalahan dalam menyampaikan laporan juga sering sekali terjadi. Contohnya : (dikutip dari sumber lain)


Di http://beritabola.com/liga-inggris/liga-inggris.html  prinsip berita telah memenuhi standar baku penulisan berita yaitu piramida terbalik dan 5W+1H namun tidak dengan prinsip S.P.O. Judul berita juga diberi penebalan (bold). Dan apa yang disampaikan merupakan berita penting, di sini contoh yang saya ambil adalah berita mengenai panasnya pertarungan antara Manchester United dengen Arsenal.
Contoh kalimat yang tidak sesuai dengan S.P.O. pada situs tersebut “Chelsea boleh jadi rival utama dan Mancheseter City serta Tottenham Hotspur muncul sebagai kekuatan baru”.



STANDARD LAW AND ETHICS
Hak cipta merupakan "hak untuk menyalin suatu ciptaan". Hak cipta dapat juga memungkinkan pemegang hak tersebut untuk membatasi penggandaan tidak sah atas suatu ciptaan. Pada umumnya pula, hak cipta memiliki masa berlaku tertentu yang terbatas. Di Indonesia, masalah hak cipta diatur dalam Undang-undang Hak Cipta, yaitu, yang berlaku saat ini, Undang-undang Nomor 19 Tahun 2002. Dalam undang-undang tersebut, pengertian hak cipta adalah "hak eksklusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku" (pasal 1 butir 1). Di situs http://beritabola.com/liga-inggris/liga-inggris.html tidak terdapat perlindungan yang terlalu ‘memagari’ sekali dengan privacy policy. Hal ini dapat membahayakan sang penulis jikalau terjadi pelanggaran atau masalah.



BUSSINES ONLINE JOURNALISM
Pada situs http://beritabola.com/liga-inggris/liga-inggris.html menggunakan strategi bisnis iklan. Di halaman web tersebut menyediakan penawaran untuk memasang iklan untuk sumber pemasukan pengelola. Di situs ini terlihat ada beberapa iklan yang terpasang.




JOURNALISME ONLINE MASA DEPAN
Seiring perkembangan teknologi, kebutuhan masyarakat akan informasi juga bertambah. Masyarakat butuh berita tanpa mengenal batasan ruang dan waktu. Oleh karena itu banyak penyedia jasa berita di media online menyediakan fitur-fitur yang memudahkan masyarakat dapat mengakses berita dengan sokongan teknologi terkini. Contohnya saja berita tersebut dapat diakses melalu smartphone seperti blackberry atau berita dishare melalui situs-situs jejaring sosial seperti twitter. Namun di situs http://beritabola.com/liga-inggris/liga-inggris.html belum tersedia fitur-fitur tambahan seperti dapat misalnya ada launcher sendiri di untuk blackberry atau itus ini memposting berita lewat twitter.

KESIMPULAN
Perkembangan media online dalam kaitannya dengan cyber journalism akan terus berkembang seiring berkembangnya teknologi. Lihat saja, makin berjamuran blog-blog atau situs-situs penyedia berita secara online. Bahkan dengan adanya citizen journalism akan banyak sekali ragam peristiwa yang dapat dibentuk menjadi berita. Web http://beritabola.com/liga-inggris/liga-inggris.html merupakan situs berita olahraga sepakbola. Berita sudah baik namun beberapa hal teknis belum terpenuhi seperti kaidah S.P.O. dan situs ini terkesan kaku. Tak ada paduan teks dengan video atau suara, hanya murni gambar dan teks berita saja. Iklan yang terpampang masih sedikit, dan kurangnya perlindungan terhadap sang penulis. Serta berita yang ditampilkan masih minim dan kurang update. Overall, masih banyak sekali kekurangan pada situs ini.

DAFTAR PUSTAKA
http://beritabola.com/liga-inggris.html
Nama : Yosua Eka Putra
Nim : 915080109


No comments:

Post a Comment