Pages

Saturday, December 11, 2010

medanposonline.com


Pengertian cyber  journalism
Jurnalisme dalam KBBI disebut sebagai pekerjaan mengumpulkan, menulis, mengedit, dan melaporkan berita kepada khalayak. Dalam perkembangannya, media penyampaian berita kepada pembaca tidak hanya terbatas pada surat kabar. Tetapi seiring perkembangan teknologi, kini arah perkembangan media menuju persaingan media online. Media online bisa menampung berita teks, image, audio dan video. Berbeda dengan media cetak, yang hanya menampilkan teks dan image.
”Online” sendiri merupakan bahasa internet yang berarti informasi dapat diakses di mana saja dan kapan saja selama ada jaringan internet. Jurnalisme online ini merupakan perubahan baru dalam ilmu jurnalistik. Laporan jurnalistik dengan menggunakan teknologi internet, disebut dengan media online, yang menyajikan informasi dengan cepat dan mudah diakses di mana saja. Dengan kata lain, berita saat ini bisa di baca saat ini juga, di belahan bumi mana saja.
Jurnalisme online layak disebut dengan jurnalisme masa depan. Karena perkembangan teknologi memungkinkan orang membali perangkat pendukung akses internet praktis seperti notebook atau netbook dengan harga murah. Apalagi kalau koneksi internet mudah diperoleh secara terbuka seperti hotspot (WiFi) di ruang-ruang publik. Sehingga minat masyarakat terhadap media bisa bergeser dari media cetak ke media online.
Setelah banyaknya media online di dunia ini,maka peneybaran informasi pun akan semakin cepat. Salah satu media online di indonesia adalah medanposonline.com. medanposonlinecom merupakan situs daerah khusus kota medan dan sekitarnya. Medan adalah ibu kota dari sumatera utara. Dalam koran ini ssemua berita dapat di sampaikan,sehingga pembacanya bisa mengetahui hal-hal apa saja yang terjadi sekarang-sekarang ini.
MATAKULIAH CYBER JOURNALISM
            Mata kuliah cyber journalism adalah mata kuliah yang pada dasarnya bertujuan untuk member pengetahuan kepada mahasiswa mengenai bagaimana menjadi online journalis dan apa-apa saja yang di bahas dalam online journalism.
            Ada beberapa materi dari pertemuan kesembilan sampai keempat belas yang akan di bahas dalam laporan ini:
1.      Working in onlie journalism
Meskipun telah ada selama lebih dari satu dekade, jurnalisme online ini masih dalam masa pertumbuhan. Seperti halnya, pengorganisasian, proses dan konten yang dihasilkan belum terstruktur karena mereka yang ada di media cetak atau broadcasting. Kita dalam banyak hal, masih mencari tahu bagaimana melakukan jorunalisme online, dan hal-hal cara dilakukan hari ini mungkin bukan cara yang akan mereka lakukan setelah media mencapai kematangan . Memang, akan sulit bahkan untuk mengatakan kapan jurnalisme online telah mencapai kedewasaan karena tidak ada yang yakin jurnalisme online harus seperti akhirnya. Selain itu, internet lebih dari berbagai media sebelumnya, menawarkan potensi untuk mendukung berbagai jenis struktur jurnalisme, proses dan kontennya.
2.      News Report
Dalam bagian ini kita akan berdiskusi tentang bagaimana menjadikan internet sebagai sumber pelaporan “pelaporan disini diartikan sebagai pelaporan jurnalistik.”Bab ini berbicara tentang menemukan dan menggunakan sumber-sumber online dalam pelaroran.Internet hanyalah sebuah sumber baru untuk wartawan. Proses dasar untuk menemukan informasi online tidak berbeda dalam menemukan jenis informasi lainnya. Internet bukanlah pengganti untuk sumber berita tradisional atau proses pelaporan. Informasi yang baik dan buruk menyebar dengan kecepatan kilat-cepat sama di internet. Internet menjadi salah satu tempat yang paling mudah dalam mencari informasi. Informasi apapun dapat ditemukan
3.       Penulisan online
Dalam penulisan setiap informasi online biasanya harus menggunakan standarisasi penulisan kaliman yang mengandung SPO di dalamnya. SPO adalah subyek,predikat,dan objek. Dalam masalah ini,penulisa juga harus melampirkan unsure 5W+1H did lam penulisan beruta online. Ini smeua di buat agar memudahkan pembaca dalam membaca berita yang di sampaikan di dalamnya.
4.      Standards, Law and Ethics for Online Media
Didalam sebuah penulisan jurnalistik selalu terdapat peraturan hokum didalamnya. Smeua ini di buat agar penulis berita tidak keluar dari jalaur dalam kaidah penulisan yang ada. Semua ini di atur dalam(UU ITE) nomor 11 tahun 2008(Hal ini mencakup segala hak kekayaan intelektual dan etika jurnalisme daring. Indonesia sendiri memiliki undang-undang info
rmasi dan transaksi elektronik).

5.      Bisnis Jurnalisme Online
Setiap penulisan dalam online biasanya mengunakan system bisnis didalamnya. Tradisi seperti ini sudah biasa terjadi. Karena hanya dari berbisnis inilah para journalism online bisa mendapatkan relasi maupun keuntungan bagi webnya. Ini semua bisa terwujud dengan adanya pemasangan iklan yang di buat olh pengiklan di dalam web journalism online itu. Selain adanya iklan yang mendatangkan keuntungan bagi journalism online,biasanya ada pula berita-berita yang di sajikan dalam bentuk bayaran. Sekarang-sekarang ini hamper di seluruh negara menggunakan system bayar bagi pengguna media online.
6.      Jurnalisme Online Masa Depan
Seperti kita tahu,bahwa semakin lama perkembangan teknologi akan semakin bagus. Sekarang memang dalam mendapatkan informasi  sangat mudah,apalagi sekarang kita bisa tahu informasi apa pun melalui internet. Journalism online di masa depan bisa terus berkembangn seiring dengan perkembanagn teknologi. Mereka bisa terus berjalan dalam media online jika mereka memilki banyak pembaca dan dalam penyajian informasinya bisa langsung di terima oleh pmebaca. Penulisan yang baik akan membuat pembacanya merasa nyaman dengan media ini,sehinnga mereka tidak akan berpaling dari media online ini.



















1.      Working in Journalism


Dari gambar di atas bisa kita lihat. Dalam media ini kurang ada pembaharuan didalamnya. Terbukti dari tanggal 8 yang ada berita mengenai poldasus serahkan tersangka helmi nasutiaon ke kejatisu. Lalu mereka baru menampilkan berita lagi pada tanggal 10 desember 2010. Sebetulnya dalam bekerja di media online,seorang journalism harus memperbaharui informasi. Karena masyarakat harus mendapatkan informasi yang cepat mengenai sebuah peristiswa. Setiap individu memerlukan informasi yang cepat agar mereka tidak ketinggalan peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di negara mereka maupun negara lain. Sebenarnya journalism online harus setiap saat memperbaharui informasi. Karena tiap detik ataupun tiap menit pasti ada peristiwa yang terjadi di dunia ini maupun di daerah media ini berada.
Walaupun media ini tidak memilki pembaharusan setiap detk ataupun tiap menit,tetapi media ini memilki ruang bagi pembacanya untuk berkomentar mengenai informasi yang di sampaiakan oleh journalism online.

Komentar yang bisa kita tuangkan dalam media ini akan di tampilkan di dalam account facebook sehingga kita bisa tahau komentar apa yang kita buat mengenai isi berita yang di buat oleh journalism online.
2.      News Report


Dalam halaman ini journalism online mengerjakan tugasnya sebagai pelapor mengenai sebuah peristiwa yang terjadi. Diketahui bahwa pada tanggal 10 desember 2010 terjadi dugaan korpsi bina marga yang masuk ke tahap penyidikan. Journalism online menyebarkan berita ini melalui media online. Selain itu kita sebagai pembaca bisa memberikan kesukaannya terhadap penulisan ini melalui account twitter maupun facebook.





3.      Penulisan Online




Dalam hal ini penulis menggunakan system 5W+ 1Hdalam penulisan beritanya. Seperti contohnya saja:
Tim SAR dibantu pihak kepolisian TNI dan masyarakat akhirnya berhasil menemukan kedua mayat anak baru gede(ABG) yang hanyut pada sabtu (4/12) di sungai blunder desa paya geli kecamatan sungai deli serdang. Dalam hal ini yang bertindak sebagai how adalah pencarian yag dilakukan oleh mayarakat juga aparat di tempat kejadian membuahkan hasil. Terbukti dengan adanya penemuan mayat yang menyangkut di batang pohon kayu di bawa jembatan kampong lalang,medan.
Penulisan SPO pada berita ini tidak ada karena berita yang di sampaikan terdiri dari keterangan juga di dalamnya. Selain keterrngan waktu,terdapat pula keterangan tempat kejadian.

Tim SAR  di bantu pihak kepolisian,TNI dan mayarakat
        S           P                                     O                                                    


Berhasil menemukan kedua mayat ABG  yang hanyut paa tanggal 4 desember
K                                             P                      Ket waktu

sungai blunder desa paya geli kecamatan sungai deli serdang
                                                Ket. Tempat
Tulisan berita yang disampaikan oleh journalism online terlalu banyak sehinnga membuat pembaca kurang bisa memahami apa-apa saja unsure SOP di dalamnya. Seharusnya dalam penulisan online seorang jurnalais harus membuat kemudahan bagi pembacanya karena jika tidak pembaca tidak akan membaca tulisannya karena mereka merasa tidak akan mendapatkan informasi yang jelas mengenai sebuah peristiwa.

4.      Standards, Law and Ethics for Online Media
Dalam hal ini setiap media jurnalistik cetak memilki perlindungan hokum dari pemerintah,sedangkan journalism online tidak dalam naungan hukum. Apabila mereka melanggar hukum dari penulisan,maka mereka akan berhadapan langsung oleh hukum yang berlaku.
Indonesia pun memiliki undang-undang dalam mengatur kebijakan transaksi elektronik dan segala yang berlangsung dalam dunia internet. Undang-undang tersebut diatur dalam undang-undang informasi dan transaksi elektronik (UU ITE) nomor 11 tahun 2008.
Dalam hal ini medanposonline.com merupakan salah satu bagian dari media online di Indonesia. Dalam media ini tidak ada perlindungan hokum di dalmnya.
Berita yang disampaikan oleh medanposonline.com adalah berita-berita yang memang merupakan berita yang bersumber langsung dari lapangan (tempat kejadian). Semua gambar atau foto yang ditampilkan pun diambil langsung di tempat kejadian (bukan hasil foto dari web berita lain).




Kita semua dapat melihat bagaimana pengambilan gambar yang dibuat oleh journalism online ini,. Berita yang disampaikan adalah berita yang diambil langsung dari tempat kejadian.


5.      Bisnis Jurnalisme Online

Dalam hal ini medanposonline.com menggunakan beberapa iklan yang berguna untuk adanya bisnis antara media ini dengan media iklan. Iklan yang disampaikan di web ini sangat banyak. Tidak hanya satu iklan yang di tampilkan. Biasanya iklan yang disampaikan atau ditampilkan bisa berubah-ubah dalam beberapa saat.









6.      Jurnalisme Online Masa Depan

Dalam medanposonline.com ini banyak informasi yang disampaikan kepada mayarakat banyak.dapat dilihat dari bagaimana kita sebgai pembaca dapat menyampaikan aspirasinya ataupun komentarnya terhadap sebuah peristiwa yang disampaikan di media ini.
Seiring dengan perkembangan pasti media ini bisa terus berkembang. Karena semakin lama dunia akan terus maju dan semua akan bisa manjadi lebih hebat dari yang sebelumnya. Jadi jika media ini mau terus berkem bang dan maju,buatlah berita-berita yang memang sedan menjadi topic utama di masyarakat dan berikan penjelasan terhadap berita itu dengan bahasa yang berbeda dengan media-media lain.













Referensi



nama:maureen rizky ananda
nim 915080206

No comments:

Post a Comment